Skip to main content

Konflik KPK vs Polri Berhasil Bikin Calon Investor Lari Lagi




Kisruh antara dua institusi negara yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) penegakkan hukum mendapat perhatian penuh dari dunia usaha, khususnya calon investor dan para investor.


Apalagi, perseteruan itu memperoleh publikasi luas dari media asing. Buntutnya, calon investor pun enggan masuk, bahkan mereka yang sudah masuk pun berniat hengkang melihat tidak adanya kepastian hukum di Indonesia.


"Perseteruan dua institusi yang memiliki tupoksi menegakkan hukum mendapat perhatian dari dunia usaha khususnya calon investor dan para investor. Apalagi masalah ini diliput olkeh media asing dan sangat mengancam iklim investasi kita," kata Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang di Jakarta, Senin (26/1).


Menurut Sarman, jika polemik berkepanjangan antara Polri dan KPK tak bisa diselesaikan dengan cepat,  bisa berimplikasi mengancam kepastian hukum yang dinilai tidak jelas. Karena itu, Kadin pun berharap Presiden Jokowi bersikap tegas dan cepat, karena masalah yang terjadi menyangkut kredibilitas dari dua organ negara yang strategis.


"Investor akan ragu dan khawatir masuk ke Indonesia bahkan yg sudah masukpun tidak tertutup kemungkinan akan hengkang jika melihat lembaga penegak hukum kita juga berseteru hannya karena kepentingan sesaat," imbuhnya.


Seharusnya, kata Sarman, dua lembaga penegak hukum Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  saling bersinergi, saling memperkuat dalam rangka menegakkan hukum dan pemberantasan korupsi. Bukan sebaliknya saling menjatuhkan seperti yang disaksikan saat ini.


"Bagi dunia usaha ini merupakan catatan hitam akan institusi penegak hukum kita dan berharap agar aturan ditegakkan dan kepentingan bangsa di utamakan," pungkasnya. [ysa/rmol]

Popular posts from this blog

Gagal Jadi Menteri Jokowi, Rieke Diah Pitaloka Kini Resmi Cerai dengan Suami

Dulu sempat tersiar kabar, Rieke Diah Pitaloka (Oneng) akan di jadikan menteri dalam kabinet kerja Jokowi. Isu yang berkembang - saat itu - adalah Menteri Tenaga Kerja danTransmigrasi Indonesia. Tapi dalam pengmuman kabinet kerja Jokowi, nama "Oneng" tak ada disebutkan. Yang terjadi, Politisi PDIP tersebut bukan saja gagal jadi menterinya Jokowi. Resmi bercerai dengan suami membuat Rieke juga gagal membangun mahligai rumah tangganya. Dilansir laman Detik (24/3), kabar mengejutkan datang dari artis sekaligus politikus Rieke Diah Pitaloka. Ia ternyata telah bercerai dengan sang suami, Donny Gahral Adian. Isu keretakan rumah tangga Rieke dan Donny memang sudah lama terdengar, bisa dibilang sejak pertengahan tahun lalu. Kabar tersebut ternyata bukan gosip belaka. Saat ini, keduanya sudah resmi bercerai. Hal itu dikonfirmasi oleh Humas Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Suryadi. "Iya, benar (telah cerai)," ucap Suryadi kepada detikHOT lewat pesan singkat,

Alamak! Bentuk Tim Independen, Jokowi Bikin Konflik KPK vs Polri Makin Rumit

Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat tim independen untuk memediasi konflik KPK dan Polri bukan memberikan solusi, tetapi menambah polemik dan masalah menjadi rumit. "Pembentukan tim independen bukanlah solusi tapi akan membuat polemik ini makin kusut dan berliku," tegas dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Masnur Marzuki, kepada wartawan, Selasa (27/1). Menurutnya, terdapat beberapa alasan tim independen tak dibutuhkan. Pertama, belum ada dasar hukum yang jelas pembentukan tim tersebut apakah keppres atau dasar hukum teknis lainnya. "Karena bila tidak dibekali dasar hukum yang jelas, tim tidak akan efektif bekerja menggali fakta dan memanggil para pihak," katanya. Kedua, Presiden seperti tidak belajar dari pengalaman sebelumnya bahwa selama ini pengelolaan negara menjadi tidak efektif karena terlalu banyak tim yang nomenklaturnya tidak jelas dan justru tumpang tindih dengan lembaga atau institusi yang

Contact

Kritik, saran atau pemasangan iklan bisa dikirim ke email maidany@gmail.com. Tulis di subjek : Kritik, Saran atau Iklan. Terima Kasih Redaksi